visitor

Jumat, 14 Januari 2011

~''forbidden love""~

..

ketika kebanyakan kisah cinta nyata yang ngetop itu bercerita soal forbidden love. Yap forbidden, banned, outlawed.. u name it. Cinta antara dua orang yang beda usianya jauh, cinta pada orang lain padahal orang tersebut sudah menikah dan cinta karena perbedaan status. Agak shock gue.

Yang paling sering, nih, jatuh cinta sama seseorang yang sudah married. Hmm…Q kira ini adalah kisah yang memalukan, ya. Tapi, kok, justru yang kayak gini dianggap sebagai the greatest love story? Ini ada beberapa kisah love story yang berdasarkan affair di luar nikah.


- Pada bulan November 1966, John Lennon bertemu dengan Yoko Ono yang sedang menggelar art performance di London. Saat itu John masih menikah dengan Cynthia Lennon. Tapi ini enggak menghentikan John dan Yoko untuk saling jatuh cinta. Di pertengahan tahun 1968, mereka tinggal bareng. Pasangan ini sempat ditangkap polisi karena terbukti menyimpan mariyuana di apartemen mereka.
Seminggu setelah itu, John resmi bercerai dengan Cynthia. Tiga hari kemudian, John dan Yoko mengeluarkan album kolaborasi yang diberi judul Two Virgins. Pada bulan Maret 1969, pasangan ini resmi menikah. John dan Yoko membuat sensasi lagi dengan mengundang pers untuk datang ke kamar mereka saat bulan madu. Sensasi yang disebut Bed In For Peace ini ternyata merupakan aksi damai John dan Yoko menentang perang Vietnam. Tanggal 1 Juni 1969, John dan Yoko bekerjasama dengan beberapa public figure dari kalangan seni dan agama merekam lagu di kamar mereka yang diberi judul Give Peace a Chance.
Lagu itu berhasil di pasaran dan dikenal sebagai lagu perdamaiannya John dan Yoko. Hingga sekarang, kalangan umum bisa menginap di kamar John dan Yoko Bed In For Peace di Montreal’s Queen Elizabeth Hotel untuk meresapi perjuangan perdamaian mereka. Plus dapat souvenir foto tahun 1969 segala! Pada 8 Desember 1980, John tewas ditembak penggemarnya. Sampai sekarang Yoko masih hidup menjanda.

- Satu kisah cinta fenomenal lain juga datang dari Inggris. Pada tahun 1930, Edward VIII adalah putra mahkota kerajaan Inggris yang ganteng plus digilai banyak cewek. Ia terkenal sebagai womanizer dan kebanyakan cewek yang ia dekati sudah menikah. Termasuk Wallis Simpson, cewek asal Amrik yang dua tahun lebih tua dari Edward. Hubungan cinta mereka mendapat kecaman dari berbagai penjuru. Keluarga kerajaan Inggris kecewa berat. Apalagi Edward yang pewaris tahta kerajaan, jelas-jelas pengin serius pacaran dengan Wallis. Pada 20 Januari 1936, ayah Edward, King George V meninggal. Edward lalu diangkat sebagai raja. Saat upacara pengangkatannya sebagai raja, Edward mendobrak prosesi protokolnya dengan mengamati upacara tersebut lewat jendela sambil ditemani kekasihnya yang masih berstatus istri orang.
Wallis menggugat cerai suaminya pada bulan Oktober 1936. Tapi pihak kerajaan Inggris tetap gusar karena seorang raja Inggris dilarang menikahi orang yang pernah menikah. Wallis sempat membuat pernyataan bahwa ia bersedia putus dari Edward. Tapi Edward tetap bersikeras menikahinya. Maka pada 10 Desember 1936, Edward memutuskan mengundurkan diri sebagai raja. Dalam pidato pengunduran dirinya yang disiarkan ke seluruh dunia, Edward berkata, “Saya mengundurkan diri sebagai raja karena merasa tidak mungkin membawa beban tanggung jawab yang begitu hebat sebagai raja tanpa bantuan dan dukungan dari wanita yang saya cintai.”
Edward lalu pergi dari Inggris dan tinggal di Austria. Ia dan Wallis enggak boleh ketemu sampai Wallis benar-benar resmi cerai. Mereka baru ketemu lagi tanggal 4 Mei 1937 dan menikah pada 3 Juni 1937 di Perancis. Edward meninggal tahun 1972 karena kanker tenggorokan. Sedangkan Wallis meninggal di tahun 1986. Makam mereka berdua saling berdampingan. Ouh by the way, woman of the year pertama versi majalah Time yang terbit tahun 1936 jatuh ke tangan Walis.


- Andrew Jackson adalah presiden Amerika yang ketujuh. Sebelum menjadi presiden, Andrew dikenal sebagai politisi yang bertemperamen keras. Ia jatuh cinta dengan Rachel Robards yang waktu itu mengira suaminya akan mengurus perceraian. Tak lama kemudian mereka menikah. Andrew waktu itu berpikir Rachel sudah resmi bercerai dari suami pertamanya. Selama menikah, mereka berdua saling mencintai dan saling setia. Tapi kehidupan pernikahan mereka terganggu karena ternyata suami Rachel belum resmi menceraikan Rachel. Akhirnya Rachel buru-buru menceraikan suaminya lalu nikah lagi dengan Andrew. Kabar negatif langsung menyerang pasangan ini. Banyak musuh Andrew yang mencela Rachel sebagai wanita tak bermoral ketika Andrew hendak mencalonkan diri sebagai presiden. Namun Andrew tetap membela istrinya. Membela mati-matian. Terhitung Andrew terlibat dalam 103 kali perkelahian berdarah gara-gara ngebelain Rachel. Rachel lalu meninggal dunia dua bulan sebelum Andrew diangkat sebagai presiden. Andrew menganggap omongan negatif dari musuh-musuhnyalah yang membuat Rachel meninggal. Andrew enggak pernah menikah lagi dan memilih tetap setia pada mendiang istrinya.


Itu cuma tiga kisah affair yang terkenal di seluruh dunia. Gue juga baru tahu, Khalil Gibran, si penulis ngetop asal Libanon, yang kumpulan surat cintanya dibukukan dalam The Love Letters, menujukan surat cinta itu bukan pada istrinya. Tapi ke sahabat pena yang enggak pernah ia temui. Yaitu seorang cewek bernama May Ziadeh yang juga seorang penulis.

Di Perancis pada abad 15 ada sebuah cinta segitiga yang ngetop banget. Antara King Henry II yang nikah sama Catherine de Medici tapi sebenarnya mencintai Diane de Poitiers, yang 18 tahun lebih tua dan seorang janda. Pernikahan Henry II dan Catherine memang dilakukan demi penyatuan Perancis dan Italia. Tapi Henry II enggak peduli dengan status pernikahannya. Ia tetap menjadikan Diane, his most trusted confidante. Cewek inilah yang mengambil peranan penting di balik sepak terjang Henry II, bahkan ikut menandatangani dokumen kerjaan.

Belum lagi kisah Prince Charles sama Camilla Parker-Bowles. Kisah cinta yang sudah dimulai sebelum Charles nikah sama Diana. Affair yang tetap lestari meskipun masing-masing sempat menikah dengan orang lain. Setelah Camilla resmi cerai dan Diana meninggal di kecelakaan, Charles dan Camilla akhirnya menikah.


Aneh ya? Q pikir sih aneh. Ternyata sebuah percintaan yang kita kira memalukan, bagi sebagian orang justru diperjuangkan mati-matian. Perjuangan ini lah yang akhirnya jadi legenda. Fighting for love.. hmm isn't that what people always dream about..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar